Tim sepak bola nasional Uni Soviet



Team sepak bola nasional Uni Soviet ( Rusia : сбо́рная СССР по футбо́лу , sbornaya SSSR po futbolu ) ialah team sepak bola nasional Uni Soviet.
Sesudah pecahnya Serikat , team dirubah jadi team sepak bola nasional CIS. FIFA memandang team sepak bola nasional CIS (serta pada akhirnya, team sepak bola nasional Rusia ) untuk team penerus Soviet [2] yang membagikan catatan awalnya pada mereka (terkecuali untuk catatan Olimpiade yang tidak dipadukan sebab kebijaksanaan IOC); akan tetapi, sejumlah besar bekas pemain team itu berasal di luar SFSR Rusia , khususnya dari SSR Ukraina , serta sesudah pecahnya Uni Soviet, beberapa seperti Andrei Kanchelskis dari sisa SSR Ukraina, terus bermain di team sepak bola nasional Rusia yang baru.

Uni Soviet tidak berhasil maju ke Piala Dunia cuma 2x, di tahun 1974 serta 1978, serta hadiri keseluruhan tujuh kompetisi final. Hasil paling baik mereka ialah ke-4 di tahun 1966 , saat mereka kalah dari Jerman Barat di semi-final, 2-1. Uni Soviet maju ke lima Kejuaraan Eropa , memenangi pertandingan pertama di tahun 1960 saat mereka menaklukkan Yugoslavia di final, 2-1. Mereka usai ke-2 3x ( 1964 , 1972 , 1988), serta ke-4 sekali ( 1968), saat, sesudah seimbang dengan Italiadi semi-final, mereka dikirim ke laga playoff tempat ke-3 sebab kehilangan lemparan koin. Timnas Uni Soviet berperan serta dalam beberapa kompetisi Olimpiade yang memperoleh medali emas di tahun 1956 serta 1988. Team Soviet terus turunkan pemain team nasionalnya di kompetisi Olimpiade walau ada larangan FIFA di tahun 1958 untuk turunkan pemain timnas di Olimpiade (pemain di Olimpiade diwajibkan jadi amatir di saat itu, Soviet dengan cara efisien membengkokkan ketentuan dengan mendaftar mereka pemain paling baik di militer).

Laga internasional pertama yang dimainkan oleh team Soviet tiba pada September 1922, saat team sepak bola Asosiasi Pekerja Olahraga Finlandia lakukan tour Rusia. Soviet XI meraih kemenangan 4-1 atas Finlandia di Petrograd. Ini contact internasional pertama untuk olahraga Soviet sesudah Revolusi Oktober 1917. Pada Mei 1923, team Soviet berkunjung ke Finlandia serta menaklukkan pasukan Finlandia 5-0. [3] [4] Laga pertama menantang timnas dimainkan pada Agustus 1923, sembilan bulan sesudah berdirinya Uni Soviet, saat team SFSR Rusia menaklukkan Swedia 2-1 di Stokholm. [5]

Laga sah pertama yang disadari dimainkan oleh Uni Soviet berlangsung satu tahun selanjutnya, kemenangan 3-0 atas Turki. Ini serta laga lagi di Ankara ialah salah satu laga internasional yang disadari dengan cara sah yang dimainkan oleh Uni Soviet sebelum Olimpiade Musim Panas 1952 , walau pertandingan-pertandingan pertemanan tidak sah menantang Turki berlangsung pada 1930-an. Olimpiade 1952 ialah kompetisi bersaing pertama yang dimasukkan oleh Uni Soviet. Di set penyisihan, Bulgaria ditaklukkan 2-1, membuahkan dasi set pertama menantang Yugoslavia. Sebelum laga, baik Tito serta Stalinmengirim telegram ke timnas mereka, yang memperlihatkan begitu keutamaan buat ke-2 kepala negara. [6] Yugoslavia pimpin 5-1, tapi kembalinya Soviet dalam 15 menit paling akhir membuahkan hasil seimbang 5–5. Laga itu diulangi, Yugoslavia menang 3-1. [7] Kekalahan dari archrivals memukul sepak bola Soviet dengan keras, serta sesudah cuma tiga laga dimainkan pada musim ini, CDKA Moscow , yang disebut sisi dari pasukan Uni Soviet, diminta untuk mundur dari liga dan buyar. Disamping itu, Boris Arkadiev , yang melatih USSR serta CDKA, dilucuti gelar Master of Sports Merit dari USSR.

Uni Soviet masuk Piala Dunia untuk kali pertamanya di kompetisi 1958 , sesudah playoff kwalifikasi menantang Polandia. [9] Diambil dalam group dengan Brasil, Inggris serta Austria, mereka kumpulkan keseluruhan tiga point, satu diantara Inggris serta dua dari Austria. Uni Soviet serta Inggris ke laga playoff, dimana Anatoli Ilyin cetak gol di menit ke-67 untuk singkirkan Inggris. Uni Soviet selanjutnya tersisih oleh tuan-rumah kompetisi, Swedia, di perempat final.

Kejuaraan Eropa pertama di tahun 1960 mengidentifikasi pucuk perolehan sepakbola Soviet. Dengan gampang maju ke perempat final, team direncanakan untuk hadapi Spanyol , tapi sebab kemelut Perang Dingin , Spanyol menampik untuk lakukan perjalanan ke Uni Soviet, membuahkan kemenangan cepat. Di semi final, team Soviet menaklukkan Cekoslowakia 3-0 serta capai final, dimana mereka hadapi Yugoslavia.

Di final, Yugoslavia cetak gol pertama, tapi Uni Soviet, yang diperintah oleh penjaga gawang legendaris Lev Yashin , menyamai posisi pada menit ke-49. Sesudah 90 menit score jadi 1-1, serta Viktor Ponedelnik cetak gol dengan tujuh menit sisa di saat penambahan untuk memberi Soviet kejuaraan Eropa pertama.

Di Piala Dunia 1962 , team Soviet ada di Group 1 bersama-sama Yugoslavia, Kolombia serta Uruguay. Laga di antara Uni Soviet serta Kolombia usai 4–4; Kolombia cetak rangkaian gol (68 ', 72', 86 '). Penjaga gawang bintang Lev Yashin ada pada keadaan yang jelek menantang Kolombia serta Chili. Wujudnya dipandang seperti salah satunya fakta penting kenapa team Uni Soviet tidak memperoleh semakin banyak keberhasilan di kompetisi. [ referensi? ]

Di tahun 1964, Uni Soviet berupaya menjaga gelar Kejuaraan Eropa mereka, menaklukkan Italia di 16 besar (2-0, 1–1) serta capai perempat final. Sesudah dua laga menantang Swedia, team Soviet menang agregat (1–1, 3–1). Team Uni Soviet ke Spanyol dimana final diselenggarakan. Di semi-final, Uni Soviet menaklukkan Denmark 3-0 di Barcelona tapi mimpi mereka untuk memenangi gelar kembali lagi tidak berhasil di final saat Spanyol, tuan-rumah, cetak gol diakhir laga, menang 2-1.

Popular posts from this blog

Tim sepak bola nasional Jerman Timur

Tim nasional sepak bola Serbia dan Montenegro

Tim sepak bola nasional Yugoslavia